Memahami Apa Yang Dimaksud

Setuju sepertinya dengan materi standUp yang dibawakan Ryan tentang cewe. Kata dia “cewe tu ga pernah langsung ngomong apa yang dia mau”. Contohnya misalnya dia mau es cendol, dia pasti bilangnya “kok panas ya”. Iya panas, kalo panas kan kemungkinannya banyak. Kalo panas emang mau apa? Mau disiram? Mau ditiupin? Mau dikipasin? Kenapa ga bilang aja mau es cendol. Darimana si cowo tahu spesifik si cewe mau es cendol kalo dia cuma bilang “kok panas ya.”

Masih lagi ngutip materinya si Ryan Adriandhy yang juga pemenang pertama acara talent StandUpComedy pertama di Kompas Tv. Ada lagi misalnya si cewe mau mie ayam.Kenapa ga langsung aja si, “Sayang aku mau mie ayam”. Si cewe apa coba bilangnya? “Sayang, udah lama ya kita ga makan mie ayam.”

Beda sama cowo. Cowo mau mie ayam. “Bang, mie ayam satu. Pedes.” Langsung to the point. “Bang, es cendol.” Emang pernah ada cowo beli bensin di SPBU, “bang, isi premium?” Petugasnya tanya, “berapa?” dijawab lagi sama si cowo, “terserah abang aja”. Trus udah diisiin sama petugasnya full tank 50rb. Padahal dia maunya 100rb. Petugasnya protes, “bapak tadi ga bilang!”. Si cowo kesel, “ih SPBU ga pernah mengerti aku!” hahaha ga ada kan kayak gitu?!

Ada juga misalnya tentang sms. Ini saya juga mengutip dari bahan materi standUpnya bang Pandji Pragiwaksono. Pernah gak kita marahan sama orang, cewe khususnya, hanya cuma karena sms?? Nih misalnya saya lagi bawa motor ada sms masuk dari cewe (anggap aja punya cewe. hehehe).
Cewe: “Kamu lagi dmana?”
Saya lagi bawa motor kan, saya bales “nytr.”
Cewe: “ih kok gitu”
Saya: “gitu gmana???” (tanda tanya tiga kali)
dibales lagi sama dia,
Cewe: “oh nyolot ya…” (dengan nada kesal)

lahh kenapa ya? emang begitu kan. Salah komunikasi hanya karena salah tulis. Karena cara menulis itu penting.

Ini sekaligus membenarkan apa yang dikatakan juga oleh bang Pandji, “kita lebih sering menangkap apa yang diucap ketimbang apa yang dimaksud.”
Sekali lagi, “kita lebih sering menangkap apa yang diucap ketimbang apa yang dimaksud.” Itu lah mengapa terkadang kita sering salah komunikasi. Betul?

Begitu juga dengan ibu saya. Beliau selalu menasehati saya ketika bersama beliau melihat kejadian atau situasi. Misalnya ada pasangan cewe cowo masih smp/sma trus dia bilang, “masih kecil aja udah pacaran?” Saya mengartikan itu sebagai pengetahuan buat saya, kalo ibu saya gak mau anaknya pacaran dulu.

Di lain kesempatan beliau juga pernah berkomentar (tentu bukan tentang saya) “kalo udah punya uang sendiri si terserah mau ngapain, uang jajan masih dari orang tua aja, sok-sokan pacaran.” Ketika saya suatu waktu mengungkapkan niat untuk mengganti HP lawasku pun, beliau bilang “nanti aja kalo udah kerja”. Beliau ingin saya punya sesuatu setelah saya siap membelinya sendiri. Siap disini bukan berarti siap berangkat ke toko sendiri. Tetapi siap dengan keuangan yang dihasilkan dari hasil keringat sendiri.

Hal-hal lain misalnya tentang rumah. “Ka, itu tembok netes terus.” Ya salah satu tembok di kamar rumah saya memang selalu , bocor. Air selalu menetes. Karena rumah saya tak beratapkan genteng hanya cor-coran yang belum dilapisi plesteran semen. Kembali ke pesan ibu saya. Maksud yang dia ucapkan adalah “coba ka itu diatas diliat trus beliin aquaproof trus ditambal biar ga netes lagi.”

Kemarin baru saja beliau menasehati saya setelah saya cerita tentang tertariknya saya mengambil beasiswa S2 jurusan TI ke Madinah. Beliau bilang kalaupun pengen lanjutin studi atau kemana, coba cari pengalaman kerja dulu abis kuliah. Satu dua tahun boleh lah lanjutin S2. Masalah nikah, beliau melanjutkan, umur 28/30 juga gak apa-apa. Dia cerita kalo abah dulu nikah udah 30, Amul juga 30, mang Epul juga udah lebih 30. Biar mateng dulu. Kalo udah mateng mah enak. Begitu beliau cerita. Ya tapi ga harus juga nunggu umur segitu kalo udah mateng dan siap.

Saya jarang sekali ngobrol serius dengan ibu saya. Ya hanya percakapan-percakapan kecil sehari-hari. Tapi ketika ada hal serius yang diobrolkan walaupun sebentar, ada pesan dan nasehat baik tersirat ataupun tersurat yang ia lontarkan. Maka dari itu saya selalu mencerna apa yang ia maksud dari ucapannya ketimbang apa yang beliau ucapkan. Karena saya tidak mau salah mengartikan dan tidak menjalankan pesan beliau. Saya mengambil banyak apa yang dia maksud dan saya terapkan dalam prinsip hidup saya. Saya tidak ingin mengecewakan beliau. Karena saya adalah harapan pertama beliau.

Kalau saja ada sesosok lelaki yang ingin nasehat, pengalamannya, dan kisahnya saya terapkan dalam hidup, ya itu Abah saya. Tentu saya tidak akan bisa dapat langsung dari beliau sekarang. Tetapi saya masih bisa mendapatkan itu selama saya bersama beliau dulu waktu kecil, dari kisah-kisah yang sering diceritakan ibu saya, dari cerita yang diceritakan pakde-bude-paklek-bulek saya, dan juga yang masih saya ingin dengar dari teman-teman serta orang-orang yang pernah mengenal beliau. Kali ini saya tidak akan menceritakan banyak tentang abah, di lain waktu saya pasti akan membahas tentang beliau.

Saya sejujurnya terkadang telat memahami apa yang dimaksud oleh ibu saya, teman saya, atau siapa pun. Saya baru akan menyadari itu setelah percakapan itu selesai. “Oh jadi maksudnya si Ade yang tadi, itu toh…” misalnya.

Sekarang saya masih belajar untuk mencoba memahami apa yang dimaksud ketika saya berbicara dengan seseorang. Terkadang saya mencoba mengatakan dengan memposisikan saya sebagai lawan bicara. Kalau misalnya saya jadi lawan bicara, paham gak apa yang saya bicarakan. Begitu juga sebaliknya ketika saya jadi pendengar, saya akan memposisikan sebagai si pembicara. Saya akan coba memahami apa yang dia maksud dari ucapan-ucapannya.

Saya bukan termasuk orang-orang yang jago berbicara atau jago menuliskan kata-kata yang sesuai apa yang saya maksud. Kata-kata yang saya temukan dalam pencarian cepat kata-kata ketika saya berbicara terkadang tidak sesuai dengan apa yang saya ingin ucapkan.

Dari sini saya mengerti, bahwa belajar berbicara yang baik dan mengerti apa yang dimaksud merupakan kunci penting dalam keharmonisan sebuah komunikasi.

 

~Nastamir fi Waqtin Akhor~

Categories: Uncategorized | Tags: , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Memahami Apa Yang Dimaksud

  1. ehem gua disebut2 =D

  2. situ siapa ya??

  3. situ yang siapa, nyebut2 nama ane!!

Leave a comment

Blog at WordPress.com.